Bella Rosida Rakhim dan Laila Rahmah

Selasa, 09 November 2010

Wireless Router Dengan Print Server

  Dikutip dari : http://www.sysneta.com/

Salah satu keuntungan dari jarinagn komputer adalah agar kita bisa berbagi printer dengan user lainnya dalam jaringan. Anda tidak perlu lagi menunggu untuk ngantri agar bisa ngeprint, cukup kirim job printing anda melalui komputer anda dan biarkan selebihnya system yang mengatur antrian job printing secara automatis. Bahkan anda juga bisa memberikan prioritas antrian melalui system jaringan anda. Lihat juga printer jaringan.

Secara tradisional, anda bisa berbagi akses printer dengan jalan menghubungkan nya ke komputer (baik melalui USB port atau parallel) dan mengkonfigurasinya agar bisa diakses oleh user lain dalam jaringan baik secara peer-to-peer ataupun dengan jaringan Windowas server AD. Dengan metoda ini, komputer tersebut harus hidup dan menggunakan sedikit sumberdaya komputer tersebut untuk sharing komputer. Jika komputernya off, maka printer tidak bisa diakses. Akan tetapi dengan print server, anda tidak perlu sharing printer melalui komputer. cukup koneksikan printer ke print server dan anda pun bisa akses printer tersebut kapan saja melalui jaringan.
Di rumah, printer adalah alat cetak dokumen yang sangat penting. Dan dalam jaringan wireless komputer di rumah, wireless router adalah komponen utama anda dalam membangun jaringan agar bisa berbagi sambungan internet dan juga printer. Anda bisa share printer melalui komputer secara tradisional, atau melalui print-server terpisah, atau juga lewat wireless router anda yang dilengkapi dengan USB port. Akan tetapi tidak semua wireless router yang dilengkapi dengan USB port bisa digunakan untuk sharing printer.
Beberapa wireless router yang dilengkapi dengan USB port hanya bisa dipakai untuk akses sharing storage external saja, atau bisa baik untuk printer atau storage secara bergantian. Kalau anda tidak memerlukan wireless print server (dimana anda bisa meletakkan printer ditempat sesuai kehendak anda tanpa melalui kabel jaringan) dalam jaringan wireless anda dirumah atau di kantor kecil anda, maka pilihlah wireless router dengan print server.
Berikut adalah beberapa wireless router yang dilengkapi dengan port USB untuk sharing printer atau storage external.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar